Senin

kewarganegaraan XI


 Pasal Kewarganegaraan

 Untuk lebih baik atau lebih buruk: Menjadi Indonesia
Aku menghabiskan akhir pekan lalu di kompleks bungalo indah temanku Warwick Purser di desa Tembi, 30 menit di luar Yogyakarta. Tidak lama setelah kami duduk untuk mengobrol, ia berpaling kepada saya dengan senyum lebar dan berkata, "Aku akan menjadi salah satu dari kalian minggu depan." "Apa maksudmu?" Aku bertanya. Dengan senyum bahkan lebih besar ia menjawab, "Aku akhirnya mendapatkan kewarganegaraan Indonesia saya."
Aku merasa tidak percaya, tidak percaya, takjub. Mengapa seseorang dari negara, maju makmur seperti Australia menyerah hak istimewa dan kenyamanan tanah kelahirannya untuk menjadi Indonesia? Mengapa menjadi warga bangsa sehingga banyak yang mencoba melarikan diri, karena terkepung oleh serentetan bencana alam dan tidak wajar, untuk tidak mengatakan aksi terorisme, politik identitas eksploitatif, kekacauan desentralisasi, dan masalah lama dari masa lalu Soeharto seperti korupsi dan pelanggaran HAM? Mengapa terjun ke kekacauan yang Reformasi, di mana banyak masalah sehingga yang digulung menjadi satu kusut berantakan?

Warwick hanya menjawab bahwa setelah menghabiskan 25 tahun di negara ini, hanya tampak seperti hal yang wajar untuk dilakukan. "Aku harus mengikuti hati saya," katanya, "tahu akan ada harga yang harus dibayar."

"Tapi tentunya, itulah komitmen adalah tentang," tambahnya. Dan cinta dan gairah juga, saya akan mengatakan.

Saat aku mendengarkan dia, mata saya menjadi basah dan aku harus menghapus tetesan air mata tiba-tiba. "Mengapa engkau menangis?" Warwick bertanya padaku. "Saya sangat pindah!" Aku berseru.

Anda lihat, aku punya hubungan cinta-benci intens dengan Indonesia sepanjang hidup saya, tapi menyerah kebangsaan saya bukan sesuatu yang saya pernah akan mempertimbangkan-bahkan setelah Tim menikah-ing, Australia. Ya, saya dilahirkan dalam sebuah keluarga Indonesia, tapi karena bahasa Indonesia bagi saya adalah pilihan, keputusan sadar.

Sebuah internasionalis seperti saya bisa tinggal di mana saja, tapi aku merasa itu akan menjadi pengkhianatan dari "takdir" saya jika saya berubah kewarganegaraan dan tidak bisa lagi menjadi bagian dari negara ini yang indah yang saya cinta begitu dalam, untuk semua kekurangan dan kekecewaan.

Jadi keputusan Warwick tercermin komitmen sendiri untuk Indonesia. Dan itu membuat saya berpikir tentang apa komitmen harus berarti, dan kata-kata Kennedy, "tidak bertanya apa yang negara anda dapat lakukan untuk Anda -. Bertanya apa yang Anda lakukan untuk negara"

Warwick telah melakukan lebih banyak untuk negaranya-to-be dalam 25 tahun di sini daripada sebagian besar orang Indonesia dalam hidup mereka. kontribusi luar biasa Nya telah perannya dalam mengembangkan industri kerajinan Indonesia.

Sekarang banyak-disalin melalui-out Indonesia, inovasi gaya dan cerdas pemasarannya diperkenalkan 12 tahun yang lalu benar-benar mengubah wajah industri kerajinan Indonesia, membawa kerajinan negara itu ke pasar baru, dalam volume sampai sekarang tidak diketahui.

Saat ini perusahaan nya, Out of Asia, menghasilkan berbagai produk 28.000 dilakukan di toko-toko elit dan rantai pasar massal sama di AS dan Eropa, termasuk Harrods Macy's, Habitat, Target dan Marks & Spencer. ya, Warwick telah dilakukan dengan baik untuk dirinya sendiri, tetapi pada saat yang sama ia telah menciptakan kesempatan kerja bagi puluhan ribu-orang kerajinan negara itu, tidak hanya di Tembi, tetapi seluruh Jawa, Bali, Lombok dan Aceh.
Hampir seorang diri, ia merubah dasar rumahnya di Tembi dari pusat pedesaan mengantuk dengan pekerjaan tidak menjadi sebuah komunitas yang ramai, penuh bekerja, dengan jalan baru, rumah-rumah dipulihkan dan program pendidikan bagi anak-anaknya. Hal ini menarik perhatian dunia, termasuk profil di TIME, dan pemerintah kita memilih Tembi sebagai contoh model pembangunan masyarakat pedesaan. Untuk alasan yang sama, Australia juga dipilih Warwick tahun lalu sebagai achiever nasional atas, dari antara satu juta ekspatriat Australia.
Jadi, bagaimana Australia merasa tentang Warwick resmi akan asli? ketika belajar bahwa ia dimaksudkan untuk menjadi warga negara Indonesia, Duta Besar Australia Bill Farmer mengatakan, "Kami sangat senang untuk berbagi harta nasional ini, sebenarnya kita akan mengadakan parrty ucapan selamat untuk menghormatinya."
Dan apa yang kita rasakan tentang Warwick Indonesia menjadi bahasa Indonesia? Senang dan bersyukur, pasti, tapi juga malu bahwa kita tidak berbuat lebih banyak. Dia benar-benar cermin bagi kita yang mengambil menjadi bahasa Indonesia untuk diberikan karena sesuatu yang kita dilahirkan dengan. Bagi dia itu telah menjadi proses, hubungan cinta yang tumbuh, ditandai dengan pencapaian dan kesulitan kebahagiaan tetapi juga dan bencana. terakhir itu adalah gempa bumi di Yogyakarta, yang menghancurkan setengah dari senyawa Warwick dan sebagian besar harta miliknya, sangat merusak everthing masih berdiri.

Banyak akan melihat ini sebagai tanda untuk kembali ke kehidupan yang nyaman di Australia, namun gempa memperkuat komitmennya untuk Tembi. Ia menuangkan uang ke merekonstruksi desa, dan menarik di Richard McHowat, CEO HSBC, dan donor lain untuk melakukan hal yang sama (lihat kolom saya di Jakarta Post pada September,, 13 2006).

Warwick purser bukan orang asing hanya untuk melakukan ke Indonesia dan menjadi warga negara. Badan Ktut Tantri, Molly Bondan, dan Franz Magnis Suseno datang sebelum dia, seperti yang dilakukan HJC Princen, seorang prajurit tentara kolonial Belanda, yang berperang melawan "pemberontak" Indonesia selama revolusi sampai ia bergabung dengan musuh. Princen tinggal di Indonesia merdeka menjadi salah satu aktivis terdahulunya, selalu berjuang untuk membela yang tertindas.

Konteks memerangi Princen adalah yang pejuang kemerdekaan. konteks sekarang adalah perjuangan melawan kemiskinan, kebodohan, dan hilangnya identitas budaya dan makna spiritual. Warwick menempatkan dirinya tepat di tengah arena. Mana kita menempatkan diri?

Minggu ini, dalam sebuah upacara sederhana ruang sidang provinsi di Bantul, Warwick Purser, mungkin profil Indonesia tertinggi ekspatriat, resmi menjadi bahasa Indonesia. Kami embrance Anda, Park Warwick, Anda yang telah lebih hadir dan kepedulian dalam foreigness Anda, bahwa banyak dari kita dalam segala warisan kita "keindonesiaan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar